Rabu, 03 Juli 2013

Resume Ilmu Budaya Dasar

Resume Ilmu Budaya Dasar

Istilah Ilmu Budaya Dasar dikembangkan di Indonesia sebagai pengganti istilah Basic Humanitiesm yang berasal dari bahasa inggris "The Humanities". Adapun istilah Humanities itu sendiri berasal dari bahasa latin Humanus yang artinya manusia, berbudaya dan halus.

Jadi dapat disimpulkan Ilmu Budaya Dasar adalah salah satu mata kuliah yang membicarakan tentang  kebuyaan, berbagai maslah yang dialami manusia sehari - hari dan tentang nilai - nilai kebudayaan. Mengapa Ilmu Budaya Dasar sangat perlu? Karena dirasakan kekurangan pada sistem pendidikan kita.

Dengan mendapatkan mata kuliah tersebut, mahasiswa agar dapat memiliki latar belakang pengetahuan yang luas tentang kebudayaan yang berada di Indonesia serta dapat memperlihatkan kesadaran, keberanian moral, dan kerelaan.



Tujuan Ilmu Budaya Dasar

Tujuan Ilmu Budaya Dasar adalah sebagai salah satu usaha pengembangan kepribadian mahasiswa dengan memperluas wawasan pemikiran dan kemampuan kritikalnya terhadap nilai - nilai budaya baik yang menyangkut alam disekitarnya, orang lain serta diri sendiri.

Ruang Lingkup Ilmu Budaya Dasar memiliki 2 masalah pokok, yaitu:
1. Hakekat manusia yang satu atau universal, yang beraneka ragam perwujudannya dalam kebudayaan jaman dan tempat masing - masing.
2. Berbagai aspek kehidupan seluruhnya merupakan ungkapan masalah kemanusiaan dan budaya dapat didekati dengan cara menggunakan pengetahuan budaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar