1.
Pengertian dan arti penting Komunikasi
Menurut Dance dan Larson (1976) mengumpulkan
126 definisi komunikasi yang berlainan, namun tidaklah praktis ataupun
memungkinkan untuk membahas semua difinisi tersebut. Bila kita melihat apa yang
terjadi ketika seseorang terlibat dalam komunikasi, kita menemukan bahwa
terdapat dua bentuk umum tindakan yang terjadi:
ü Penciptaan pesan atau
lebih tepatnya penciptaan pertunjukan (display).
ü Penafsiran pesan atau
penafsiran pertunjukan.
2.
Jenis dan Proses Komunikasi
Jenis
Komunikasi terdiri dari beberapa bagian yaitu:
ü Pengirim
ü Encoding
ü Jenis
Media: Tatap Muka, Telepon, Pertemuan, dll.
Sedangkan
Proses Komunikasi yaitu:
ü Penerima
ü Decoding
ü Umpan
Balik
ü Gangguan,
gangguan meliputi: Tulisan tangan tidak terbaca, Keburukan logat, Statistik yang
tidak akurat, dll.
3.
Komunikasi Efektif
Yang dimaksud dengan
Komunikasi Efektif adalah komunikasi yang disampaikan oleh para pemberi
informasi dapat diterima dengan baik leh para pendengar. Beberapa faktor yang perlu
diperhatikan untuk mengupayakan proses komunikasi yang efektif:
ü Careful Timing
ü Feddback
ü Redundancy
ü Face to face communication
ü Reinforcing words with action
ü Dll.
4.
Implikasi Manajerial
Pengertian
Impilkasi Manajerial menurut Kamus Bahasa Indonesia adalah berawal dari kata
Implikasi berarti akibat. Dalam manajemen terdapat 2 implikasi yaitu:
ü Implikasi Kebijakan
ü Implikasi Prosedural
Referensi / Sumber:
o
Buku Komunikasi Organisasi, Penulis R. Wayne
Pace dan Don F. Faules. Penerbit Remaja Rosdakarya Offset Bandung.
o http://www.e-bookspdf.org/view/aHR0cDovL2RoaW1hc2thc2VwLmZpbGVzLndvcmRwcmVzcy5jb20vMjAwOC8wMy8wOS1rb211bmlrYXNpLnBkZg==/S29tdW5pa2FzaQ==
o
http://duniatugasasri.wordpress.com/2013/06/11/komunikasi-efektif-implikasi-manajerial/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar